Saat bekerja, sudah pasti Anda harus bisa bekerja dengan cara profesional. Sikap profesional tak cuma ditunjukkan leat cara bekerja, tapi juga penampilan. Namun, profesionalitas bekerja juga waiib kita tunjukkan melalui pilihan kata yang digunakan di lingkungan kerja.
Salah memilih kata dan kalimat bisa menjadi masalah untuk Anda. Berikut beberapa kalimat yang harus dihindari :
! " Saya tidak bisa bekerjasama dengan dia "
Tak mudah menyatukan pikiran beberapa orang menjadi sebuah ide yang brilian. Hal ini bisa menumbulkan bentrokan dan selisih paham. Namun ini lumrah terjadi dan sebaiknya hal ini tidak membuat Anda jadi sakit hati dan memilih rekan kerja.
Kalimat pemilihan seperti ini akan mengesankan bahwa Anda tidak profesional dan tidakbisa bekerjasama dengan orang lain. Selain itu, kalimat ini bernada sangat egois.
2. " Saya tidak bisa melakukannya "
Banyak orang yang sering berkata seperti ini. Kalau Anda juga termasuk salah satunya, cobalah untuk mengurangi kalimat rendah diri seperti ini. Kalau bos saja percaya Anda bisa melakukannya, mengapa Anda tidak percaya diri dan meragukan kemampuan sendiri?
Selain terkesan rendah diri, kalimat ini juga bisa berarti kalau Anda tidak punya waktu untuk mengerjalan hal lain. Tenang yang Anda butuhkan itu bukan alasan tambahan untuk menolak pekerjaan. melainkan kepandaian mengatur prioritas.
3. " Itu nggak mungkin "
Melontarkan kalimat ini dlam sebuah rapat proyek akan membuat Anda dicap sebagai seorang pesimis. Memang terkadang sulit untuk tidak mengatakan hal ini. Namun ingat, Anda harus antusias dan yakin bahwa pasti ada cara untuk menyelesaikan tugas ini.
Daripada mengatakan hal ini, sebaiknya ganti dengan kalimat, " itu salah satu caranya, namun disini tetap ada beberapa tantangan yang dihadapi ". Cobalah untuk memberi saran alternatif yang menunjukkan kalau Anda siap dan bersedia untuk berkontribusi dengan cara yang positif.
4. " Tebak, apa yang saya dengar "
Perempuan memang susah sekali dipisahkan dari gosip. Tapi sebaiknya tahan diri untuk bergosip. karena gosip ini bisa menjadi senjata makan tuan yang mengesankan kalau Anda adalah biang gosip dan suka menjelekkan orang lain.
5. ' Ini bukan salah saya "
Ini adalah reaksi normal banyak orang ketika di tuduh melakukan kesalahan. Sebuah reaksi defensif. Tapi daripada sibuk mengklarifikasi kalau Anda tidak bersalah, lebih baik tunjukkan melalui perbuatan. Cari solusi dari semua masalah untuk memperbaiki situasi sehingga tidak nambah parah dan meluas.
7. " Dikantor lama, cara kerjanya nggak begini "
Kantor baru, orang baru pasti punya aturan dan car kerja baru. Jangan pernah membandingkan kantor lama dan kantor baru Anda. Amati cara kerja di kantor baru dan sesuaikan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar